-->

Inilah Daftar Permasalahan Aplikasi PMP dan Solusi Mengatasinya



Tidak dapat dipungkiri Operator Sekolah (OPS) memang keren, bugs atau error yang masih ada pada aplikasi PMP 2019 Versi Offline tidak menyurutkan antusias dalam mengerjakan tugas untuk membatu para responden Evaluasi Diri Sekolah (EDS) untuk mengisinya. Pada postingan ini akan kami share daftar error bugs aplikasi PMP dan solusi cara mengatasinya. Kami coba rangkumkan dari berbagai sumber media sosial operator, maupun di grup yang saling sharing tentang PMP. Kalau begitu langsung saja berikut adalah:

5 Daftar Error Aplikasi PMP dan Solusi Cara Mengatasinya

1. Tidak Bisa Login PMP Karena Gagal Registrasi
Khasus ini adalah untuk yang pertama kali menginstal aplikasi PMP Offline, setelah registrasi tetapi tidak bisa login malah muncul keterangan "Pengguna tidak ditemukan atau password salah. Mohon cek kembali informasi pengguna Anda"

tampilan login aplikasi PMP

Untuk mengatasi masalah ini cukup mudah, karena kemungkinan besar masih belum betul atau ada langkah yang terlewatkan saat registrasi. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam registrasi PMP Offline:


Gunakan prefill nasional untuk registrasi PMP.
Email/username diisi: u_prefill_pmp   Kata Sandi/passwordnya: p4ssw0rd_pmp
Masukan prefill nasional ke folder: c:/prefill_dapodik
Pastikan tidak keliru memasukan kode registrasi koreg dapodik, salah satu huruf saja nantinya tidak akan bisa login, karena disini kita tidak bisa mengecek atau tidak adanya pemberitahuan apakah koreg yang dimasukan benar atau salah, akan langsung dibawa ke halaman login.
Setelah berhasil registrasi, lanjutkan login dengan username dan password operator dapodik.
Selengkapnya baca di sini.
upate 29/11/2019: Gunakan Patch 2019.11.21 dan pastikan PMP DB Runing

2. Tidak Bisa Login di Laptop Client
PMP adalah aplikasi berbasis web yang dirancang canggih berbasis web, sehingga bisa dikerjakan dari laptop/komputer lain yang terhubung dengan jaringan baik itu local maupun internet. Pada PMP 2019-11 ketika tidak bisa login di laptop client silahkan ganti setingan pada file js.


 Silahkan ke postingan: 3 Solusi PMP Offline Tidak Bisa Dibuka di Jaringan



3. Kuesioner PMP Kosong
Bugs yang masih ditemukan pada aplikasi EDS PMP adalah masih kosongnya kuesioner dan terdapat perbedaan dengan kuesioner versi cetak. Sehingga progres pengisian kuesioner tidak bisa 100%. Seperti kuesioner untuk Kepala Sekolah pada bagian B. Isi Pendidikan - Butir Pihak-pihak yang telah mendapatkan sosialisasi pedoman penyusunan kurikulum di sekolah Anda tidak ada pilihan jawabanya.


Adapum untuk mengatasi hal tersebut silahkan melakukan sinkronisasi. Fitur sinkronisasi ada pada aplikasi PMP, dan ini merupakan teknologi yang canggih. Cara sinkronisasi silahkah baca di sini.


4. Responden PMP  PTK Kurang
Dibeberapa kasus terdapat responden PTK cuma ada 2 orang atau masih kurang berbeda dengan yang ada di dapodik. Solusi untuk Responden PTK kurang silahkan menggunakan cara berikut:


Login pada aplikasi PMP Daring / Online : http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:1745
Selanjutnya pilih menu "Pengaturan" --- "Manajemen Pengguna" --- Kemudian tekan menu strip tiga yag ada pada pojok atas. 

Pilih menu "salin PTK dari dapodik", 

Kemudian pilih PTK yang akan disalin sesuaikan saja dengan kebutuhan minimal responden, supaya nantinya database tidak terlalu besar. Beri tanda ceklist --- kemudian klik tombol "Salin Data"
Setelah itu lakukan sinkronisasi PMP.

5. Sinkronisasi PMP Disconnected.
Ketika akan sinkronisasi muncul keterangan koneksi anda dengan internet: DISCONNECTED, berikut ini beberapa tipsnya:


Baca Juga
Inilah Daftar Permasalahan Aplikasi PMP dan Solusi Mengatasinya
Galau Progres PMP Tidak Bisa 100%? Ini Solusinya
1. Lakukan refresh halaman CTRL + F5
2. Pastikan koneksi internet Anda stabil
3. Pastikan layanan internet profider tidak diblok server, coba gunakan layanan nomor provider lain.
4. Gunakan VPN, jika hanya punya satu layanan provider

========
Jika masih belum bisa sikron PMP karena DISCONNECTED, coba lakukan langkah berikut,
1. Login pada aplikasi dapodik, ke menu sinkronisasi. tetapi jangan sampai sinkron, cukup lihat apakah di dapodik statusnya connected.

2. Jika sudah silahkan kembali ke menu sinkron PMP, lakukan refresh, jika berubah menjadi connected berarti cara ini memang berpengaruh.

3. Kami sendiri tidak tahu siapa  sumber yang share tutorial ini, tapi sangat bermanfaat.
Coba bagikan tutorial ini ke teman yang belum bisa sinkron PMP
=========

TAMBAHAN:


SINKRON PMP KONEKSI INTERNET LAMBAT

Kasus ini adalah ketika melakukan sinkron PMP muncul keterangan "Koneksi Internet Lambat" padahal koneksinya cepat pakai paketan bulanan dan bisa lancar untuk membuka video di Youtube. Beberapa operator menyebutnya ini fitnah, hehe,, ya boleh saja..

Lalu bagaimana solusinya? Sebelum kita lanjutkan perlu diketahui bahwa sinkronisasi itu terjadi 2 arah pengiriman data yaitu dari lokal ke server dan dari server ke lokal, jadi kemungkinan besar keterangan koneksi internet lambat ini dikarenakan kondisi rerver yang lemah.

Adapun solusinya, silahkan gunakan waktu-waktu sekiranya server sedang sepi, seperti tengah malam, atau dinihari.

Seperti itulah yang bisa kami bagikan tentang daftar error aplikasi PMP 2019 beserta solusinya, semoga masalah error yang teman-teman operator sekolah saat mengerjakan PMP dapat teratasi. Sekian, semoga bermanfaat.

0 Posting Komentar untuk "Inilah Daftar Permasalahan Aplikasi PMP dan Solusi Mengatasinya"

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
4. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya", untuk pemberitahuan jika komentar telah kami balas.
5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel