-->

Skripsi & Penelitian : Pengertian dan Jenis-Jenis Data Ordinal

Data ordinal 

Belajar Online : data ordinal adalah data yang berasal dari suatu objek atau kategori yang telah disusun secara berjenjang menurut besarnya. Setiap data ordinal memiliki tingkatan tertentu yang dapat diurutkan mulai dari yang terendah sampai tertinggi atau sebaliknya. Namun demikian, jarak atau rentang antar jenjang yang tidak harus sama. Dibandingkan dengan data nominal, data ordinal memiliki sifat berbeda dalam hal urutan. Terhadap data ordinal berlaku perbandingan dengan menggunakan fungsi pembeda yaitu  “>” dan “<”. Walaupun data ordinal dapat disusun dalam suatu urutan, namun belum dapat dilakukan operasi matematika ( +, – , x , : ). Contoh jenis data ordinal antara lain:

    1. Tingkat pendidikan yang disusun dalam urutan sebagai berikut: (1)  Taman Kanak-kanak (TK), (2)  Sekolah Dasar (SD), (3)  Sekolah Menengah Pertama (SMP), (4)  Sekolah Menengah Atas (SMA), (5)  Diploma, (6)  Sarjana. Analisis terhadap urutan data tersebut menunjukkan bahwa SD memiliki tingkatan lebih tinggi dibandingkan dengan TK dan lebih rendah dibandingkan dengan SMP. Namun demikian, data tersebut tidak dapat dijumlahkan, misalnya SD (2) + SMP (3) ≠ (5) Diploma. Dalam hal ini, operasi  matematika ( + , – , x, : ) tidak berlaku untuk data ordinal.
    2. Peringkat (ranking) siswa dalam satu kelas yang menunjukkan urutan prestasi belajar tertinggi sampai terendah. Siswa pada peringkat (1) memiliki prestasi belajar lebih tinggi dari pada siswa peringkat (2).

    0 Posting Komentar untuk "Skripsi & Penelitian : Pengertian dan Jenis-Jenis Data Ordinal"

    1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik.
    2. Silahkan tulis komentar Anda yang masih ada kaitanya dengan postingan.
    3. Semua komentar kami baca, namun tidak semua bisa balas, harap maklum.
    4. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya", untuk pemberitahuan jika komentar telah kami balas.
    5. Promosi produk/jasa tidak akan diterbitkan kecuali telah ada kerja sama.

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel